Rangkaian Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

 

Menjalani program diet memiliki tantangan sendiri. Jika tidak sesuai aturan yang benar, maka target mengurangi berat badan bisa gagal. Hal yang harus benar-benar dijaga adalah asupan makanan dan olahraga. Selain itu program diet yang berhasil memerlukan fokus dan niat agar tidak tergoda untuk memakan makanan yang sebaiknya dihindari. Lalu bagaimana menu makan yang baik untuk menjaga asupan gizi dalam tubuh saat sedang diet? Berikut adalah rangkaian menu diet sehat menurunkan berat badan yang mudah untuk dicoba.

  1. Menu Sarapan

Untuk sarapan Anda bisa menyiapkan menu dengan rangkaian susu rendah lemak, satu buah pisang dan satu lembar roti gandum. Menu ini sangat mudah dan cepat disiapkan tanpa perlu memasak. Mengapa roti gandum? Ini karena roti gandum jauh lebih sehat daripada roti tawar biasa. Roti gandum memiliki kandungan biji-bijian yang kaya akan serat dan nutrisi. Selain itu dengan mengganti nasi dengan roti gandum akan memberikan efek lebih kenyang. Roti gandum juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sementara itu pisang bisa memberi efek kenyang. Selain itu pisang dapat menekan asupan kalori. Jenis pisang yang bisa dipilih saat sedang menjalani program diet adalah pisang Cavendish.

 

  1. Menu Makan Siang

Menu diet sehat menurunkan berat badan saat makan siang adalah sayur segar, sedikit kentang rebus dan daging ayam tanpa kulit. Sayur yang bisa dipilih sangat beragam terutama sayur-sayuran hijau seperti sawi, bayam dan kol. Masak sayur ini dalam kuah sehingga bisa membantu menghilangkan dahaga saat siang hari. Sebaiknya masak sayur berkuah ini tanpa penyedap rasa. Beri sedikit garam agar tetap nikmat untuk disantap. Untuk daging ayam tanpa kulit, konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan. Untuk memasaknya hindari memasak dengan menggunakan minyak dan mentega. Gunakan cara memasak dengan direbus atau dipanggang.

 

  1. Menu Camilan Sore

Terkadang saat siang hari menjelang sore tubuh akan merasa lapar. Apalagi jika baru saja memulai program diet dan belum terbiasa dengan perubahan pola makan. Oleh karena itu bisa mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk, pir, pisang, melon atau alpukat. Sebagai catatan, alpukat ternyata membantu program diet karena membuat perut menjadi cepat kenyang sehingga menekan keinginan makan. Atau bisa juga meminumnya dalam bentuk jus buah dan sayuran. Jangan lupa untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula dalam jus karena malah akan menambah asupan kalori. Sayur dan buah penting untuk diet karena mengandung serat yang berperan untuk proses detoksifikasi alami tubuh.

 

  1. Menu Makan Malam

Menu diet sehat menurunkan berat badan saat malam adalah dengan rangkaian sayuran rebus, ayam atau telur rebus, plus minum teh hijau tanpa gula. Sayuran rebus berupa lalapan adalah menu yang sehat. Teh hijau sangat baik bagi tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Plus ternyata teh hijau berperan mengurangi berat badan dengan adanya kandungan katekin di dalamnya.

Selain menjalankan rangkaian menu diet sehat menurunkan berat badan di atas, jangan lupa untuk menghindari junk food. Junk food mengandung banyak kalori dan lemak, selain itu juga meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hindari juga mengkonsumsi gorengan, kecuali memakai olive oil. Jangan lupa meminum air putih 2 hingga 3 liter setiap harinya agar asupan air dalam tubuh tetap terjaga. Air putih juga mendukung proses detoksifikasi tubuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*