5 Rekomendasi Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan

 

Menjaga kondisi tubuh menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi jika sedang menjalani program diet ketat. Tak hanya pola makan yang dijaga, hal-hal lainnya juga turut diperhatikan, contohnya adalah olahraga. Menjalani diet tanpa olahraga adalah hal yang sebaiknya dihindari. Ketika sedang diet, tubuh harus tetap dijaga dalam kondisi fit, salah satunya dengan cara berolahraga secara rutin. Lalu apa saja olahraga yang cepat menurunkan berat badan? Berikut adalah 5 rekomendasinya.

  1. Berjalan Kaki

Ya, mungkin terdengar sederhana dan tidak terlalu berefek pada pengurangan berat badan. Namun nyatanya, berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Ini dikarenakan dengan rutin berjalan kaki akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Bagaimana memulai program olahraga ini? Bisa dimulai dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer setiap harinya. Bisa juga ditambah dengan mengganti kebiasaan naik motor dengan berjalan kaki jika jarak yang akan ditempuh tidak jauh. Jika belum terbiasa jalan terlalu jauh, lakukan semampunya namun tetap rutin agar bobot yang diinginkan bisa tercapai.

 

  1. Bersepeda

Bersepeda ternyata merupakan salah satu cara yang aktif untuk membantu proses penurunan berat badan. Ini dikarenakan bersepeda memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam pembakaran kalori. Bersepeda juga memiliki manfaat lain yaitu melatih otot betis. Juga dengan rutin bersepeda dapat membantu mengecilkan perut. Lalu bagaimana porsi bersepeda yang bisa membantu menurunkan berat badan? Cobalah melakukannya sejauh 2 hingga 5 kilometer setiap harinya di sekeliling komplek maupun lapangan.

 

  1. Jogging atau Berlari

Lari sebagai salah satu olahraga kardio ternyata ampuh membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Lakukan jenis olahraga ini secara rutin setiap pagi selama paling tidak 30 menit hingga satu jam. Jika belum terbiasa atau mudah merasa lelah, lakukan selama yang mampu dilakukan tubuh. Jangan lupa untuk mengisi perut alias sarapan sebagai sumber energi saat berlari. Saat perut kosong malah karbo dan lemak yang akan diambil dari aliran darah oleh tubuh. Sementara lemak dalam sel-sel lemak tetap ada. Plus jogging atau berlari tanpa mengisi asupan makanan sebelumnya akan meningkatkan resiko hiperglikemi dan dehidrasi.

 

  1. Berenang

Bagi pencinta olahraga renang, ada kabar baik bahwa olahraga ini  secara aktif dapat  membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan pada saat berenang seluruh tubuh akan bergerak. Lakukan olahraga ini 2 hingga 3 kali seminggu. Gunakan berbagai variasi gaya setiap berenang agar hasilnya optimal. Namun olahraga ini memiliki satu kekurangan, yaitu harus dilakukan di kolam renang. Jadi butuh niat dan fokus agar tetap semangat saat menjalankannya. Jangan sampai hanya karena malas pergi ke kolam renang membuat program pengurangan berat badan menjadi tidak optimal.

 

  1. Yoga

Ya, yoga ternyata merupakan salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan secara alami. Walaupun terlihat sederhana dan remeh, namun meditasi yang dibarengi dengan pembakaran lemak dan kalori ini efektif membantu penurunan berat badan. Untuk memperoleh hasil yang optimal, lakukanlah yoga sebanyak 1-2 permainan per minggu. Agar lebih efektif dan tetap fokus saat menjalankannya, ada kelas yoga yang bisa diikuti lengkap dengan instrukturnya. Dengan adanya instruktur yoga yang ahli di bidangnya, fokus kegiatan yoga tetap terjaga. Selain itu adanya peserta yoga lainnya akan memberi efek lebih termotivasi.

 

Cara di atas cukup efektif, namun jika ingin lebih efektif bias diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan sehat yang mengandung serat tinggi. Jika malas mencari buah-buahan anda bisa mengkonsumsi produk Fiforlif yang lebih praktis dan efektif menurunkan berat badan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*